Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan video pembelajaran biologi berdasarkan ahli materi, pembelajaran, media berbasis PBL; mengetahui nrespon siswa dan guru biologi terhadap video pembelajaran sebagai sumber belajar, dan mengetahui pertumbuhan sikap siswa setelah menonton video pembelajaran. Metode yang digunakan pengembangan ADDIE. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas XI IPA SMA MARISI Medan T.P 2020. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive samplingI sebanyak 37 orang. Intrumen penelitian adalah angket dan soal. Hasil penelitian menunjukkan total hasil penilaian validasi kelayakan video oleh ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain video sebesar 92, 96 % dan dikategorikan “sangat layak”. Hasil Penilaian Video Oleh Guru Biologi sebesar 91 % dengan kategori “sangat layak” dan Respon siswa terhadap video sebesar 87,1% dengan kategori “sangat layak”. Hasil Evaluasi (Evaluation) menunjukkan rata-rata hasil belajar yang di dapatkan dari nilai pre-test dan posttest adalah nilai preetest 58,12 dan posttest adalah 84,08 sehingga dapat ketahui bahwasannya sikap waspada rokok siswa ipa di kategorikan sangat baik.