Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi keungan pada siswa kelas XII AKL 2 SMK HKBP Sidikalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi setelah diterapkannya Flipped Classroom pada siswa kelas XII AKL 2 SMK Swasta HKBP Sidikalang Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta HKBP Sidikalang. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII AKL 2 berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu i dengan test dan observasi, untuk Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya ada 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan Tindakan, Observasi dan refleksi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kritis pada siklus I didapatkan sebesar 13% dan pada siklus II sebesar 86% menunjukkan adanya peningkatan sehingga hipotesis I diterima. Untuk hipotesis II hasil belajar pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II sebesar 86%, sehingga II diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Flipped Classroom dapat menigkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi pada akuntansi keuangan siswa AKL 2 SMK Swasta HKBP Sidikalang.