Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada materi klasifikasi hewan, menghasilkan multimedia interaktif yang layak berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media, mengetahui respon guru dan siswa, serta mengetahui tingkat efektivitas multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan 4D. Multimedia interaktif divalidasi oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media, serta diujicobakan kepada guru Biologi dan 56 siswa kelas X. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi ahli, angket respon guru dan siswa, serta tes kognitif hasil belajar siswa. Penilaian ahli materi dan ahli media diperoleh penilaian sangat layak dengan masing-masing nilai diperoleh persentase 94,7% dan 90,25%. Data angket respon guru dan siswa diperoleh penilaian sangat baik dengan masing-masing nilai diperoleh persentase 90% dan 92,2%. Hasil belajar siswa menggunakan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 mengalami peningkatan hasil n-gain sebesar 0,81 atau 81% dengan kategori tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada materi klasifikasi hewan sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran kelas X MIA SMA/MA.