Daftar Isi:
  • Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang, semakin bertambah pula kompetisi di antara perusahaan-perusahaan. Perusahaan berusaha untuk terus meningkatkan kemampuannya untuk dapat bertahan didalam persaingan yang semakin kompetitif. Perusahaan yang mampu bertahan dalam persaingan adalah perusahaan yang dapat menyesuaikan diri pada perubahanperubahan yang terjadi dalam dunia bisnis. Perusahaan harus memikirkan strategi pemasaran yang optimal agar produk yang dipasarkan diterima oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh kartu kuota internet IM3 dan Smartfren dan mendapatkan strategi pemasaran atribut yang optimal. Penentuan strategi pemasaran ini dilakukan dengan menggunakan teori permainan. Setelah melakukan pengumpulan dan pengolahan data maka diperoleh atribut-atribut yang diperlukan oleh konsumen yaitu harga/tarif, jaringan/sinyal dan promosi/layanan yang tersedia. Hasil pengolahan data menggunakan teori permainan dari kartu kuota internet IM3 dengan Smartfren ini di menangkan oleh kartu kuota internet Smartfren dimana nilai maksimum sebesar -20 dengan atribut harga. Sedangkan kartu IM3 untuk memperkecil kekalahannya menggunakan atribut harga. Strategi pemasaran yang optimal di menangkan oleh atribut harga/tarif.