Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi protista dari aspek kognitif, indikator pembelajaran serta mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Berastagi Tahun Pembelajaran 2021/2022. Desain penelitian yang digunakan yaitu dekskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian diambil secara Random Sampling yang berjumlah 72 siswa. Data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket kesulitan belajar. Persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif untuk C1 sebesar 32,87% (rendah), C2 sebesar 55,56% (sedang), C3 sebesar 39,17% (rendah), C4 sebesar 62,63% (tinggi), C5 sebesar 81,25% ( sangat tinggi), dan C6 sebesar 83,10% (sangat tinggi). Selanjutnya persentase kesulitan belajar siswa pada indikator pembelajaran 1 sebesar 55,35%, indikator pembelajaran 2 sebesar 63,19%, indikator pembelajaran 3 sebesar 83,33%, indikator pembelajaran 4 sebesar 56,54%, indikator pembelajaran 5 sebesar 65,97%, indikator pembelajaran 6 sebesar 57,98%. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa ditinjau dari aspek internal maupun eksternal. Faktor internal meliputi: kesehatan siswa (tinggi), inteligensi (sangat tinggi), minat(tinggi), motivasi (tinggi). Sedangkan aspek eksternal meliputi: orang tua (tinggi), metode mengajar guru (tinggi), serta media pelajaran & Lingkungan sekolah (sangat tinggi).