Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa selama pembelajaran daring pada model Project Based Learning dan tanpa model pembelajaran pada materi Sistem Pertahanan Tubuh di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sunggal Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan populasi penelitian seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sunggal yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 186 orang. Dalam penelitian ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu XI IPA 2 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas Eksperimen dan XI IPA 6 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa digunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi Sistem Pertahanan Tubuh. Untuk keseluruhan, model pembelajaran Project Based Learning memiliki hasil yang lebih baik yaitu ( 66 66 65,83). Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 5,225 Sedangkan harga ttabel pada dk = 58 f f α 0 05 1 671 H0 ditolak sekaligus Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan kelas kontrol tanpa model pembelajaran pada materi sistem pertahanan tubuh di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sunggal T.P 2020/2021.