ANALISIS KETERAMPILAN BERKOLABORASI DAN BERKOMUNIKASI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI ANGKATAN 2018 MELALUI PEMBELAJARAN E–LEARNING PADA MATA KULIAH EKOLOGI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan berkolaborasi dan keterampilan berkomunikasi mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2018 melalui pembelajaran e-learning serta penerapan e-learning pada mata kuliah ekologi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2018 Universitas Negeri Medan yang berjumlah 151 mahasiswa. Sampel penelitian berjumlah 45 siswa dan diambil menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan ke mahasiswa Pendidikan Biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan berkolaborasi pada mahasiswa Pendidikan Biologi stambuk 2018 diperoleh nilai rata- rata 83% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Adapun Keterampilan berkomunikasi pada mahasiswa pendidikan biologi stambuk 2018 diperoleh nilai rata-rata 82% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Kemudian Penerapan e-learning pada mata kuliah ekologi mahasiswa pendidikan biologi stambuk 2018 diperoleh nilai ratarata 79% yang termasuk dalam kategori baik.