PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH, KEBIASAAN BELAJAR, DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 13 MEDAN
Daftar Isi:
- Sri Wahyuni Purba, NIM : 7183342017, Pengaruh Lingkungan Keluarga, Ling- kungan Sekolah, Kebiasaan Belajar Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Hasil Belajar Akuntansi SMK Negeri 13 Medan, Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2022. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar praktikum akuntansi perusahaan jasa, dagang dan manufaktur siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 13 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, kebiasaan belajar dan kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar praktikum akuntansi perusahaan jasa, dagang dan manufaktur. Penelitian ini dil- aksanakan di SMK Negeri13 Medan, Jalan Seruwei No.257, KecamatanMedan Labuhan, Kota Medan, Sumatera Utara Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 63 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sam- pling dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 63 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumen- tasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terdiri dari 40 pernyataan dengan skala likert 4 point, masing-masing variabel X 10 pernyataan. Namun sebelum angket digunakan dalam penelitian, angket tersebut diuji terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 25. Dari hasil analisis data diketahui bahwa semua uji asumsi klasik terpenuhi se- hingga pengujian hipotesis dapat dilakukan. Berdasarkan pengujian hipotesis (uji t), ter- dapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga (X1) terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung>ttabel 2.216> 2.00100) dan nilai signifikansi (0,31<0,05). Lingkungan sekolah (X2) juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung>ttabel (4.013>2.00100) dan nilai signifikansi (0,000<0,05). Kebia- saan belajar (X3) juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung>ttabel (2.507>2.00100) dan nilai signifikansi (0.015<0.05). Kecerdasan Intelektual (X4) juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung>ttabel). Maka dari hasil tersebut nilai thitung>ttabel (3.903> 2.00100) dan nilaii sig- nifikansi (0.000<0.05).Dan terdapat pengaruh yang signifikan antaralingkungan keluarga (X1), lingkungan sekolah (X2), kebiasaan belajar (X3) dan kecerdasan intel- ektual (X4) secara bersama-sama terhadap hasil belajar akuntansi dasar (Y) siswa kelas X AKL SMK Negeri 13 Medan, dengan nilai Fhitung> Ftabel Fhitung> Ftabel (70.915>2.53) dan nilai signifikansi (0.000<0.05). Koefisien determinasi sebesar 81,9%, menunjukkan bahwa 81,9% hasil belajar akuntansi dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, kebiasaan belajar dan kecerdasan intelektual sedangkan sisanya 18,1% di- pengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.