PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH ,MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK BRIGJEND KATAMSO
Daftar Isi:
- RINI WIDIYANTI,NIM:7181142009.Pengaruh Lingkungan Sekolah,Motivasi Belajar,dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi SMK Brigjend Katamso. Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2022. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya prestasi belajar akuntansi siswa kelas X dan XI dalam mata pelajaran akuntansi dan keuangan, dikarenakan belum sepenuhnya pengelolaan lingkungan sekolah, kurangnya motivasi belajar siswa, dan kurangnya minat belajaar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah, motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X dan XI SMK Brigjend Katamso. Penelitian ini dilakukan di SMK Brigjend Katamso. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI jurusan Akuntansi SMK Brigjend Katamso yang berjumlah 135 siswa. teknik pengambilan sample yaitu dengan Simple Random Sampling, Jumlah sample yang digunakan yaitu sebanyak 101 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Algoritma, Koefisien Jalur dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Hasil analisis yang diperoleh dari rata-rata varians direfleksikan diatas 0,5 dan indikator outer loding lebih tinggi dari 0,60. Dari data perhitungan,untuk hipotesis lingkungan sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi, diperoleh P-Value sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima, Maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Pada hipotesis motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi, diperoleh P-Value sebesar 0,004 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima, Maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Kemudian pada hipotesis minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi, diperoleh P-Value sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima, Maka dapat disimpulkan minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi.