PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR, DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 13 MEDAN
Daftar Isi:
- AKHFINI, NIM: 7183142037, Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Self Efficacy Terhadap Kebiasaan Belajar Siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri 13 Medan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2022. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya kebiasaan belajar pada siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri 13 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap kebiasaan belajar siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri 13 Medan, pengaruh motivasi belajar terhadap kebiasaan belajar siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri 13 Medan, dan pengaruh self efficacy terhadap kebiasaan belajar siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri 13 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 13 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas X dan XI Jurusan Akuntansi yang berjumlah 135 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan Simpel Random Sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam peneliltian ini berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Algoritma, Koefisien Jalur dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Hasil analisis yang diperoleh dari rata-rata varians direfleksikan diatas 0,5 dan indikator outer loading lebih tinggi dari 0,60. Dari data perhitungan, untuk hipotesis pertama perhatian orang tua berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa diperoleh nilai p-value sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya untuk hipotesis kedua motivasi belajar berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa diperoleh nilai p-value sebesar 0,001 < 0,05. Kemudian untuk hipotesis ketiga self efficacy berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa diperoleh nilai p-value sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa, motivasi belajar berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa, dan self efficacy berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa.