Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi nilai-nilai persatuan dalam Pancasila pada pembelajaran PPKn terhadap sikap Berbhinneka Tunggal Ika siswa di SMA Negeri 1 Dolok Masihul. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Dolok Masihul. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Dolok Masihul tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 702 siswa. Sampel yang digunakan 10 % dari populasi sehingga sampel dalam penelitian ini 70 siswa, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian desktiptif kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket/kuesioner, dan wawancara. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui angket kepada siswa, sedangkan data sekunder diperoleh melalui wawancara kepada guru PPKn di SMA Negeri 1 Dolok Masihul, buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang mendukung penelitian. Adapun analisis data yang digunakan dengan korelasi product moment. Hasil penelitian ini ditunjukkan bahwa adanya pengaruh implementasi nilai-nilai Persatuan dalam Pancasila pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Dolok Masihul T.A 2021/2022. Hal ini dibuktikan dengan