Daftar Isi:
  • Rumondang Rumasingap, NIM : 7183342003, Pengaruh Manajemen Waktu, Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi SMK Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2021/2022 Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Akuntansi SMK Swasta Budi Agung Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu, disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi dasar. Penelitian ini dilakukan di SMKS Budi Agung Medan yang beralamat di Jl. Platina Raya No. 7, Rengas Pulau, Kec. Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara, Kode Pos 20255. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 69 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 69 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran kuesioner. Dari hasil analisis data diketahui bahwa semua uji asumsi klasik terpenuhi sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan. Berdasarkan pengujian hipotesis (uji t), terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen waktu (X1) terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung>ttabel 3,332> 1,997) dan nilai signifikansi (0,000< 0,05). Disiplin Belajar (X2) juga berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung>ttabel 2,999> 1,997) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Motivasi Belajar (X3) juga berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung>ttabel 2,956> 1,997) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Dan terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen waktu (X1), disiplin belajar (X2), motivasi belajar (X3) terhadap hasil belajar akuntansi dasar (Y) siswa kelas X SMK Swasta Budi Agung Medan, dengan nilai Fhitung> ftabel (15,472>3,74) dan nilai signifikansi (0,000 <0,05). Koefisien determinasi sebesar 39,0% menunjukkan bahwa 39,0% hasil belajar akuntansi dipengaruhi oleh manajemen waktu, disiplin belajar dan motivasi belajar, sedangkan sisanya yaitu sebesar 61,0%, dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.