PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP TINGKAT STRESS AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI STAMBUK 2021 PADA MATA KULIAH STATISTIK EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Relfiana Efendy, NIM. 7181142020. PengaruhPembelajaran Online Dan Motivasi Belajar Terhadap Tingkat stres Akademik Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Stambuk 2021 Pada Mata Kuliah Statistik Ekonomi Di Universitas Negeri Medan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingkat stres mahsasiswa Pendidikan akuntansi stambuk 2021 pada mata kuliah statistik ekonomi selama pembelajarn Online. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah ada pengaruhPembelajaran Online Dan Motivasi Belajar Terhadap Tingkat stres Akademik Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Stambuk 2021 Pada Mata Kuliah Statistik Ekonomi Di Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, tepatnya Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Stambuk 2021. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 64 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terdiri dari 35 pernyataan dengan skala likert 4 point, 10 pernyataan untuk pembelajaran onine, 10 pernyataan untuk motivasi belajar, dan 15 pernyataan untuk Tingkat Stres Akademik. Angket penellitian diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22. Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 24937.786 + 0,996X1 + 0,424X2. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran Online terhadap tingkat stres akademik mahasiswa pendidikan akutansi dengan nilai thitung sebesar 7,288>1,999 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,005. Motivasi Belajar juga berpengaruh negatif terhadap tingkat stres akademik mahasiswa pendidikan akutansi dengan nilai thitung sebesar -3,498>1,999 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,001< 0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 69,5%, sedangkan sisanya 30,5% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.