Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Promosi dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Badak PT. Pabrik Es Siantar Di Kota Pematangsiantar. Penelitian ini dilakukan di Kota Pematangsiantar dengan populasi sebanyak 182.284 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Accidental Sampling dengan jumlah sampel 100 orang pelanggan yang pernah melakukan pembelian minuman badak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket (kuesioner) yang pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah secara statistik dengan menggunakan metode Analisis Regresi Berganda dengan persamaan struktual Y = a + b1 X1 + b2 X2 serta diolah dengan program SPSS 22.00 for windows. Dari hasil analisis data maka diperoleh persamaan analisi regresi berganda 11,478 + 0,237 X1 + 0,653 X2. Kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat diketahui dengan koefisien determinasi (Rsquare) dengan hasil sebesar 43,6% dan sisanya sebesar 56,4% dijelaskan oleh variabel lain. Promosi dan Desain Kemasan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian minuman badak PT. Pabrik Es Siantar di Kota Pematangsiantar. Hal ini terlihat dari Fhitung> Ftabel yaitu 37,428 > 3,091 pada α = 5%. Secara parsial promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung> ttabel yaitu 2,107 > 1,984 dan desain kemasan berpengaruh terhadap keputusan pembelian thitung> ttabel yaitu 4,684 > 1,984. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima yaitu ada promosi dan desain kemasan terhadap keputusan pembelian minuman badak PT. Pabrik Es Siantar Di Kota Pematangsiantar.