PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK SWASTA PUTRA ANDA BINJAI
Daftar Isi:
- Prilaili Putri Ramadani, NIM 7161142027, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Untuk Siswa Kelas X Akuntansi Di SMK Swasta Putra Anda Binjai, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan komik akuntansi sebagai media pembelajaran pada materi persamaan dasar akuntansi untuk siswa kelas X Akuntansi di SMK Swasta Putra Anda Binjai dan untuk mengetahui kelayakan media komik akuntansi sebagai media pembelajaran akuntansi yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli desain grafis dan praktisi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan sesuai teori pengembangan yang dikemukakan oleh Dick & Carey (1996) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Validasi kelayakan media komik akuntansi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli desain grafis, dan praktisi pembelajaran (guru akuntansi). Media komik akuntansi diujicobakan secara bertahap kepada 6 siswa saat uji coba perorangan, 9 siswa saat uji coba kelompok kecil dan 20 siswa saat uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil observasi, wawancara dan angket/kuesioner. Data yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa pengembangan media komik akuntansi sangat layak digunakan siswa terbukti dari hasil penilaian kelayakan media komik akuntansi berdasarkan penilaian: Ahli materi diperoleh rata-rata skor sebesar 4,00 termasuk dalam kategori “sangat layak”. Ahli media diperoleh rata-rata skor sebesar 3,96 termasuk dalam kategori “sangat layak”. Ahli desain grafis diperoleh rata-rata skor sebesar 3,88 termasuk dalam kategori “sangat layak”. Praktisi pembelajaran diperoleh rata-rata skor sebesar 3,84 termasuk dalam kategori “sangat layak”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media komik akuntansi yang dikembangkan pada materi persamaan dasar akuntansi sangat layak digunakan siswa sebagai media pembelajaran akuntansi di SMK Swasta Putra Anda Binjai.