THE DEVELOPMENT OF STEM-BASED CELL BIOLOGY MODULE TO FOSTER STUDENTS CRITICAL THINKING SKILLS AND SCIENTIFIC ATTITUDES THROUGH BLENDED LEARNING
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini didasari kajian literatur yang menyatakan kurang efektifnya metode pembelajaran, kurang multidisplin ilmu pada sumber belajar serta mata kuliah biologi sel sukar untuk dipelajarin. Berdasarkan masalah tersebut dan analisis kebutuhan mahasiswa penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan Modul pembelajaran biologi sel berbasis STEM sebagai alternatif sumber belajar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, adapun metode digunakan 4D (Define, Design, Development and Disseminate) dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen soal dan angket yang disebarkan sebelum dan sesudah penggunaan modul. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan ke validan modul rentang 83-90% dengan kriteria layak digunakan dan respon mahasiswa 92,6% dengan kategori sangat layak. Hasil evaluasi kefektivitas modul dalam peningkatan berpikir kritis N-Gain rentang 0,41-0,55 dan peningkatan sikap ilmiah rentang tobs| > |tcrit| |0.73| > |0.65| pada kelompok kecil dan |0.64| > |0.47| pada uji kelompok besar signifikan meningkat. Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh pengembangan modul biologi sel berbasis STEM meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah.