Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pencernaan manusia dan faktor yang memengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Labuhanbatu Utara tahun pembelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian diambil secara random sampling dengan jumlah 56 orang siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes esai kemampuan berpikir kritis dan wawancara. Soal yang diterapkan pada siswa dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis Ennis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa MTs Negeri 1 Labuhanbatu Utara masih termasuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 62. Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pencernaan manusia dominan berada pada kategori kurang dengan persentase 68%, disusul dengan kategori baik dengan persentase 16%, kemudian kategori cukup 14% dan kategori sangat baik 2%. Berdasarkan aspek kemampuan berpikir kritis secara berturut-turut dari yang tertinggi hingga terendah berdasarkan rata-ratanya adalah aspek membuat penjelasan lebih lanjut ((