ANALISIS PELAKSANAAN DAN HASIL PEMBELAJARAN BIOLOGI DALAM MASA PANDEMI PADA MATERI VERTEBRATA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 TEBINGTINGGI T.P. 2020/2021
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah terbatasnya proses pelaksanaan pembelajaran Biologi pada siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Tebingtinggi dilaksanakan secara daring dalam masa pandemic Covid-19, hasil belajar Biologi secara daring pada materi vertebrata siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Tebingtinggi masih rendah, yakni hanya 70% yang melampaui KKM dan adanya kendala dalam pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring dalam masa pandemi pada materi vertebrata siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Tebingtinggi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pelaksanaan dan hasil pembelajaran Biologi secara daring materi vertebrata siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Tebingtinggi pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian yang diambil berjumlah 108 orang dari jumlah populasi sebanyak 251 orang. Penentuan sampel dilakukan secara acak atau menggunakan teknik Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif melalui bantuan aplikasi pengolah data/excel. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Proses pembelajaran Biologi materi vertebrata pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Tebingtinggi dilaksanakan secara luring dan daring. Proses pembelajaran Biologi materi secara daring pada materi vertebrata dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan melalui whatsapp dan google class room; dan (2) Hasil belajar Biologi secara daring materi vertebrata siswa/i Kelas X MIPA di SMAN 1 Tebingtinggi pada masa pandemi Covid-19 tergolong dalam kategori baik dengan perolehan persentase secara keseluruhan melebihi 60%. Hasil ini ditentukan dengan berdasarkan pada hasil kegiatan/proses belajar-mengajar Biologi secara daring pada materi vertebrata yang berlangsung selama masa pandemi Covid-19.