PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis pengamatan langsung disekitar lingkungan alam sekolah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA Negeri Unggul Subulussalam. Rancangan penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Unggul Subulussalam yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 111 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 yang berjumlah 30 siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik dengan menggunakan rumus statistik uji-t. Dari hasil perhitungan uji t-test diperoleh harga thitung 8,411. Pada taraf signifikan 5% dengan df 65 didapat nilai ttabel 2,048, karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kemampuan berpikir kreatif siswa juga dapat dilihat dari uji annova perindikator yaitu, berpikir lancar sebesar 14,80 %, berpikir luwes sebesar 24,81 %, berpikir orisinil sebesar 24,75 %, berpikir merinci sebesar 14,75 % dan berpikir menilai sebesar 21,12 %. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode pembelajaran pengamatan langsung disekitar lingkungan alam sekolah, terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X2 SMA Negeri Unggul Subulussalam pada materi keanekaragaman hayati.