DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KETERAMPILAN COLLABORATION, COMMUNICATION, CRITICAL THINKING DAN CREATIF PADA PEMBELAJARAN ONLINE MAHASISWA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI ANGKATAN 2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untukn mengetahui keterampilan colaboration, communication, critical thinking, dan creatif pada pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Unimed Angkatan 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah Mahasiswa Pendidikan Biologi di Unimed pada Angkatan 2019 sebanyak 60 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen lembar angket dan juga lembar tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2019 pada kegiatan pembelajaran online selama pandemi Covid-19 dikatagorikan baik dari data yang didapat dan juga pembelajaran online memiliki dampak negatif dan juga dampak positif selama proses pembelajaran. Keterampilan collaboration (kolaborasi) dikatagorikan baik. Pada keterampilan communication (komunikasi) dikatagorikan baik. Keterampilan critical thinking (berpikir kritis) dikatagorikan baik. Keterampilan creatif (kreatif) dapat dikatorikan baik.