Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap hasil belajar biologi pada materi sistem pencernaan siswa kelas XI IPA SMAN 1 Tanah Jawa Kabupaten Simalungun T.P.2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan Pretest and Posttest control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Tanah Jawa yang berjumlah 142 dan dibagi atas 4 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model project based learning dan siswa kelas XI IPA 4 yang berjumlah 34 orang yang diberi perlakuan dengan model konvensional berupa metode cermah. Instrumen yang digunakan adalah berupa instrument tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen yaitu 71,34 lebih tinggi daripada kelas kontrol yang nilai rata-rata kemampuan kognitifnya sebesar 65.44. Berdasarkan hasil hipotesus dengan menggunakan uji-t didapatkan bawasannya nilai sign 2-tailed pada data postes 0,003 < 0,05 dimana ini menunjukkan bawasannya model pembelajaran project based learning berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan kognitif siswa pada materi sistem pencernaan di kelas XI IPA SMAN 1 Tanah Jawa Kabupaten Simalungun T.P. 2021/2022.