Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil analisis kebutuhan media (2) mengetahui kelayakan media E-Learning Berbasis Webblog dengan pendekatan CTL pada materi laju reaksi yang dikembangan berdasarkan BSNP (3) mengetahui respon siswa terhadap media E-Learning berbasis Webblog dengan pendekatan CTL pada materi Laju Reaksi (4) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap media E-Learning Berbasis Webblog dengan Pendekatan CTL. Analisis kebutuhan media dilakukan dengan wawancara kepada guru mata pelajaran kimia kelas XI SMAN 1 Sibolga. Penelitian ini menggunakan metode (R&D) dengan model pengembangan ADDIE meliputi tahapan (analysis, design, development, implementation dan evaluation). Produk media yang dikembangkan divalidasi oleh 3 validator ahli yang terdiri dari 2 orang dosen kimia dan 1 orang guru kimia. Rata-rata hasil validasi media E-Learning berbasis Webblog dengan pendekatan CTL yang telah dikembangkan oleh dosen dan guru kimia adalah 3.70 dengan kategori sangat layak dan validasi materi adalah 3.71 dengan kategori sangat layak dan tidak perlu revisi. Penilaian presentasi respon siswa terhadap media E-Learning berbasis Webblog yang dikembangkan sebesar 74.5% dengan kriteria respon tinggi. Penggunaan Media terintegrasi Contextual Teaching and Leaning (CTL) pada materi laju reaksi diperoleh rata-rata N-Gain Score sebesar 56% dimana artinya pembelajaran menggunakan media E-Learning berbasis webblog cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil uji hipotesis diperoleh sig. (2. Tailed) sebesar 0.00 dimana sig. yang diperoleh < 0.05 yang artinya ada peningkatan hasil belajar siswa.