Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis android pada materi ikatan kimia yang dikembangkan dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap implementasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah menggunakan angket validasi dan instrument test. Hasil validasi media yang dikembangkan secara keseluruhan menunjukkan tingkat kelayakan materi sebesar 84,34% dengan kategori sangat layak dan tingkat kelayakan media sebesar 81,10% dengan kategori sangat layak. Adapun hasil pada uji N-gain, rata – rata peningkatan hasil belajar didapatkan sebesar 0,71 atau persentase 71% dengan kategori tinggi. Hal ini terbukti ketika data hasil belajar dilakukan uji t, dimana didapatkan hasil berupa diperoleh nilai thitung = 6,25 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,68. Sehingga didapatkan hasil thitung > ttabel, oleh karena itu Ha diterima, disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis android pada pokok bahasan ikatan kimia lebih tinggi dari KKM. Sehingga media pembelajaran berbasis android yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar kimia pada materi ikatan kimia.