Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa pada materi sistem peredaran darah manusia. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, desain penelitian yang digunakan Pre-Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design dan dilaksanakan pada bulan desember 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII berjumlah 235 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, maka kelas yang terplih adalah kelas VIII-2 dengan populasi seluruh sampel adalah 34 siswa dan data siswa ini yang dipakai sebagai sampel pada penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan instrumen tes essay yang berjumlah 10 butir berkriteria hots. Sedangkan untuk analisis data menggunakan uji normalitas, uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest adalah 32,23 dan nilai rata-rata posttest adalah 78,17, dengan perolehan nilai tersebut bahwa adanya peningkatan keterampilan berfikir kritis siswa setelah dilakukannya model pembelajaran berbasis inkuiri. Adapun besarnya peningkatannya adalah 31,6%, dan perolehan data rata-rata gain termasuk kriteria sedang yaitu 0,68. Berdasarkan hasil analisis data yang sudah dilakukan, dengan penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis terhadap siswa pada materi sistem peredaran darah manusia kelas VIII MTS N 2 Padang Lawas Utara.