Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan data mengenai ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran bervariasi dan minat belajar bervariasi menggunakan media pembelajaran iSpring pada materi kesetimbangan kimia, serta melihat interaksi antara hasil belajar siswa terhadap minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Sei Suka yang berjumlah lima kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas diambil dengan cara Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas XI MIPA 4 yang diberi perlakuan dengan model Learning Cycle 5E. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar sebanyak 20 soal pilihan berganda dan instrumen non tes berupa angket minat belajar siswa. Uji hipotesis dilakukan dengan ANOVA dua jalur (ANOVA two-way) with General Linear Model (GLM) univariate dengan hasil penelitian pada model pembelajaran yang bervariasi diperoleh harga sig. 0,007 <