Daftar Isi:
  • Pendidikan sangat memberikan pengaruh terhadap budi pekerti dan karakter peserta didik dalam kehidupan sehar-harinya, terutama di sekolah. Dengan munculnya covid-19 tentunya memberikan pengaruh dalam penanaman budi pekerti peserta didik. Maka, tujuan penelitian Untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendidikan budi pekerti terhadap pembentukan budi pekerti siswa dalam pembelajaran PKn pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan kuisioner. Sampel yang akan diteliti 62 orang yang disaring dari jumlah populasi 257 orang. Lokasi penelitian di SMA Negeri 9 Medan. Teknik Analisis Data untuk mengolah dapat menjawab permasalahan serta dapat ditelaah dan diuji. Untuk mengolah data yang diperoleh penulis menggunakan rumus statistika sederhana dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan ; 1). Pendidikan Budi Pekerti memiliki presentase 75,9 % yaitu kategori sedang dengan menunjukkan siswa SMA N 9 dalam mempelajari budi pekerti disekolah 2). Peningkatan Karakter Siswa memiliki presentase 77,0 yaitu kategori sedang dengan menunjukkan siswa SMA N 9 sudah belajar serta menerapkan karakter yang baik disekolah 3). Penerapan PPKn Berorientasi Budi Pekerti memiliki presentase 73,0 % yaitu kategori sedang dengan menunjukkan siswa SMA N 9 sudah baik dalam melakukan penerapan PPKn yang menunjukkan orientasi budi pekerti disekolah sedangkan 4). Pembelajaran PPKn Di Masa Pandemi Covid – 19 memiliki presentase 68,8 % yaitu kategori rendah dengan menunjukkan siswa kurang baik dalam melakukan pembelajaran PPKn pada waktu covid-19 dikarenakan kurangnya melakukan pembelajaran secara tatap muka