PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SMAS GKPI PADANG BULAN MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui hasil uji kelayakan instrumen penilaian kognitif berbasis keterampilan proses sains pada materi elastisitas dan hukum hooke. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) oleh Borg and Gall. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan dengan jumlah sebanyak 30 orang siswa. Data penelitian ini diperoleh berdasarkan uji kelayakan instrumen tes. Hasil validasi isi oleh ahli dengan menggunakan skala likert diperoleh hasil bahwa instrumen penilaian kognitif layak untuk diujikan. Hasil validasi item dari 10 butir soal yang diujikan di skala kecil dinyatakan 9 soal valid dan 1 soal tidak valid. Pada uji coba skala luas, hasil validasi item dari 9 butir soal dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas menunjukkan hasil yang reliabilitasnya adalah 0,86. Hasil analisis tingkat kesukaran uji coba skala kecil menunjukkan 2 butir soal dengan kategori sukar, 6 butir soal dengan kategori sedang dan 2 butir soal dengan kategori mudah. Dan pada uji coba skala luas menunjukkan 1 butir soal dengan kategori sukar dan 8 butir soal dengan kategori sedang. Hasil daya beda butir soal pada uji coba skala kecil terdapat 5 butir soal dengan kriteria baik sekali, 4 butir soal dengan kategori baik dan 1 soal dengan kriteria cukup. Dan pada uji coba skala luas diperoleh 8 butir soal dengan kriteria baik sekali dan 1 butir soal dengan kriteria baik. Presentase rata-rata keterampilan proses sains dari uji coba yang dilakukan di SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan adalah 53% dengan kriteria cukup baik. Berdasarkan hasil uji coba kelayakan tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian kognitif berbasis keterampilan proses sains pada materi elastisitas dan hukum hooke telah memenuhi kriteria kelayakan instrumen yang baik.