Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul fisika berbasis ICARE menggunakan Flip PDF Profesional pada materi vektor yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah, mengetahui respon peserta didik dan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan E-Modul yang dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 dan X MIA 3 di SMA Negeri 2 Tanjungbalai yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran, angket penilaian guru, angket respon peserta didik, dan instrumen tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik terhadap E-Modul fisika berbasis ICARE. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah persentase. Dari hasil analisis data diperoleh validasi ahli materi sebesar 97% dan ahli media sebesar 95,5%, penilaian guru fisika sebesar 87,3% dengan masing-masing persentase tersebut termasuk dalam kategori sangat baik atau sangat layak digunakan. Respon peserta didik setelah menggunakan EModul sebesar 73,73% termasuk dalam kategori baik atau praktis digunakan. Sedangkan pada hasil tes peserta didik melakukan pretes dan postes sehingga didapatkan nilai N-Gain sebesar 0,71 termasuk kategori efektif. Dan dapat disimpulkan E-Modul berbasis ICARE menggunakan Flip PDF Profesional pada materi vektor dinyatakan valid atau layak, praktis digunakan dan efektif dalam proses pembelajaran.