PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES FOUR-TIER UNTUK MENGETAHUI TINGKAT MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI OPTIK
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi siswa pada materi optik. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA MAN Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yakni, Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate. Pada pengujian validitas isi oleh validator soal tergolong instrumen valid dengan rata-rata 92,78% dan kategori Sangat Baik. Reliabilitas tes dengan dua pengujian memiliki rata-rata 0,93 pada soal pilihan berganda dan 0,75 pada soal essay dengan kategori reliabilitas tinggi pada kedua bentuk soal. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XII IPA MAN Pematangsiantar memiliki rata-rata miskonsepsi sebesar 30,92%. Tingkat miskonsepsi dibagi berdasarkan sub materi pada materi optik dan sub materi optik dengan persentase miskonsepsi tertinggi yakni pada sub materi Mikroskop sebesar 36,8% dan miskonsepsi terendah pada sub materi cermin datar yakni 23,7%. Dari hasil pengembangan Instrumen Four-Tier disimpulkan bahwa instrumen tes ini layak digunakan untuk mengidentifikasi dan mengetahui tingkat miskonsepsi siswa.