Daftar Isi:
  • Astri Bernadette Br. Lumban Tobing, NIM 7162142008. Pengaruh Hasil Belajar dan Status Sosial Dan Ekonomi Orangtua Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa SMA Swasta Free Methodist Medan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa SMA Swasta Free Methodist Medan dan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orangtua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa SMA Swasta Free Methodist Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Swasta Free Methodist Medan yang berjumlah 141 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probabiliy Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini yang digunakan sebanyak 55 responden. Perolehan data dianalisis dengan teknik analisis PLS (Partial Least Square) menggunakan software SmartPLS. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk variabel status sosial ekonomi orangtua dan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Selanjutnya data dianalisis dengan dilakukan uji PLS Algoritma, PLS Bootstrapping, dan Uji-t untuk pengujian hipotesis. Adapun hasil analisis pengujian hipotesis dalam penelitian ini yaitu: (1) Hasil belajar tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan koefisien jalur sebesar 0,189 dan nilai t-hitung < t-tabel (1,025 < 2,006) serta nilai signifikansi (0,306 > 0,05). (2) Status sosial ekonomi orangtua berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan koefisien jalur sebesar 0,350 dan nilai t-hitung > t-tabel (2,491 > 2,006) serta nilai signifikansi (0,013 < 0,05). Hasil uji R-square sebesar 0,175 (17,5%) dan sisanya sebesar 82,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.