PENGARUH EFIKASI DIRI DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 13 MEDAN
Daftar Isi:
- ARNI HANIFAH SANTI, NIM: 7183342029, Pengaruh Efikasi Diri dan Disiplin Self Regulated LearningTerhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Negeri 13 Medan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas negeri Medan 2022. Masalah dalam penelitian ini adalah Hasil Belajar Akuntansi yang belum sesuai harapan di kelas XI Akuntansi SMK Negeri 13 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Efikasi Diri dan Self Regulated Learning terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Negeri 13 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 13 Medan, yang beralamat di Jalan Seruwai No. 257, Kel. Sei Mati, Kec. Medan Labuhan, Kota Medan, Sumatera Utara 20255. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi sebanyak 68 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 68 siswa, dimana pengambilan sampel Total Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Efikasi Diri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai t hitung > t tabel (4,388> 1,997) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 ; (2) Self Regulated Learning berpengaruh secara positif dan signifikansi terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai t hitung > t tabel (7,799> 1,997) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; (3) secara simultan, Efikasi Diri dan Self Regulated Learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai f hitung > f tabel (95,652 > 3,14) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,739 (73,9%) dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar peneliti ini. Jadi, penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar dan kemandirian.