Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan webblog terhadap motivasi belajar siswa SMA pada pokok bahasan ikatan kimia; (2) pengaruh penggunaan media webblog terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan ikatan kimia; (3) mengetahui korelasi antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa SMA yang dibelajarkan dengan media webblog pada pokok bahasan ikatan kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 18 Medan pada semester ganjil TA. 2020/2021. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X-IPA 5 sebagai kelas eksperimen (30 siswa) yang dibelajarkan dengan webblog dan kelas X-IPA 1 sebagai kelas kontrol (30 siswa) yang dibelajarkan dengan media powerpoint pada materi ikatan kimia. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes untuk mengukur hasil belajar dan instrumen non tes untuk mengukur motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara statistik dengan uji t pihak kanan dan uji korelasi. Hasil yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperiment dan kelas kontrol pada data pretest adalah 57,5 dan 56,75. Nilai postest untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 82,5 dan 73,5. Hasil uji normalitas dan homogenitas diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Hasil Uji t diperoleh t-hit > t-tabel yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima yaitu ada pengaruh penggunaan media Webblog terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran materi ikatan kimia dan ada pengaruh penggunaan media Webblog terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran materi ikatan kimia yang menggunakan media Webblog. Uji korelasi menunjukkan bahwa motivasi belajar berkorelasi positif dan signifikan dengan hasil belajar siswa dengan nilai r sebesar 0,723 pada pembelajaran ikatan kimia yang menggunakan media webblog.