Daftar Isi:
  • ANJAS PRANDANA, NIM : 7183142027, Pengaruh Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi SMKS Budi Agung Medan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya prestasi belajar siswa jurusan akuntansi dikarenakan kemandirian belajar, motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar yang kurang dari siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemandirian belajar, motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa Jurusan Akuntansi SMKS Budi Agung Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Budi Agung Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan Akuntansi kelas X dan XI SMKS Budi Agung Medan yang berjumlah 135 Siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam analisis ini berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Algoritma dan PLS Bootstrapping.. Hasil analisis yang diperoleh rata-rata varians direfleksikan diatas 0,5 dan indikator outer loading lebih tinggi dari 0,60. Dari data perhitungan, untuk hipotesis kemandirian belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar dilihat dari nilai P Value sebesar 0,041 < 0,05% yang berarti hipotesis diterima, maka dapat disimpulkan kemandirian belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar. Selanjutnya pada hipotesis motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar dilihat dari nilai P Value sebesar 0,004 < 0,05% yang berarti hipotesis diterima, maka dapat disimpulkan motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar. Dan hipotesis ketiga kebiasaan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar dilihat dari nilai P Value sebesar 0,000 < 0,05% yang berarti hipotesis diterima, maka dapat disimpulkan kebiasaan belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa jurusan akuntansi.