Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertjujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran zoom cloud meeting terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum, impuls dan tumbukan kelas X semester genap di SMA Swasta Budi Murni 3 Medan T.P 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Budi Murni 3 Medan T.P 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang terdiri dari 15 soal yang telah divalidasi oleh validator. Sebelum diberikan perlakuan yang berbeda dilakukan pretes, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 26,50 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 25,97. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data pretes kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel (0,18 < 1,84) maka H0 diterima, artinya kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sama. Setelah selesai dilakukan pembelajaran pada kedua kelas maka dilakukan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 69,30 dan nilai rata-rata kelas kontrol 46,63. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postes diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t postes diperoleh bahwa thitung > ttabel (7,7 > 1,59) maka Ha diterima, artinya ada pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis zoom cloud meeting terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum, impuls dan tumbukan kelas X semester genap di SMA Swasta Budi Murni 3 Medan T.P 2020/2021.