Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing berbasis video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa. (2) mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media video pembelajaran dan hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan media powerpoint. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa?, (2) Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media video pembelajaran dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media powerpoint?. Penelitian ini melibatkan kelas ekperimen I dan kelas eksperimen II. Kedua kelas diberikan perlakuan berbeda, kelas eksperimen I dengan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video pembelajaran, kelas eksperimen II dengan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan powerpoint. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas ekperimen I sebesar 43,47 dan nilai rata-rata kelas eksperimen II sebesar 43,19. Setelah perlakuan pembelajaran kepada kedua kelas eksperimen kemudian dilanjutkan postest untuk mengetahui hasil belajar, diperoleh nilai rata-rata pos-ttest kelas ekperimen I sebesar 83,33 dan kelas eksperimen II sebesar 79,16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar. Kelas eksperimen I memperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 39,86 dengan N-Gain sebesar 71% dan kelas eksperimen II sebesar 35,19. dengan N-Gain sebesar 64%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media video pembelajaran lebih baik dan lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa dari pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan power point.