PENGARUH PERSEPSI DAN PREFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU ETAWA UD AMRI KECAMATAN TINGGI RAJA KABUPATEN ASAHAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Persepsi dan Preferensi Terhadap Keputusan Pembelian Susu Etawa UD Amri Kecamatan Tinggi Raja Kabupaten Asahan, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Tinggi Raja Kabupaten Asahan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 339 , dengan jumlah sampel sebanyak 184 responden. Konsumen yang menjadi responden merupakan konsumen yang pernah membeli susu etawa di UD Amri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, studi pustaka, wawancara dan melalui angket (Kuesioner) yang pengukurannya menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Analisis Regresi Berganda dengan persamaan Y = a+b1X1+b2X2+e serta diolah dengan program SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Persepsi (X1) dan Preferensi (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). hal ini terlihat dari nilai F-hitung sebesar 4,0557 dan F-tabel sebesar 3,05, sehingga F-hitung = 4,055>F-tabel = 3,05 pada signifikasi α = 5%. Dimana besar pengaruh antara variabel Persepsi dan Preferensi terhadap Keputusan Pembelian adalah 63,3% yang ditunjukkan dengan nilai Koefisien Determinasi (R square) yaitu 0,633. Sedangkan secara parsial Persepsi memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai t-hitung = 2,318 > t-tabel = 0,145 dan Preferensi berpengaruh terhadap Preferensi t-hitung = 1,730>t-tabel = 0,145. Persamaan struktural dari model yang dapat dibuat adalah Y = 3.131+ 0,346X1 + 0,155X2 + e. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Persepsi dan Preferensi Terhadap Keputusan Pembelian susu etawa UD Amri Kecamatan Tnggi Raja Kabupatenn Asahan.