PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SIATAS BARITA TAHUN 2021/2022
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar akuntansi dasar siswa kelas X akuntansi SMK Negeri 1 Siatas Barita tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap prestasi belajar akuntansi dasar pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Siatas Barita tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Siatas Barita yang terletak di Jalan Marhusa Simorangkir, Hutatoruan I, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah 83 siswa kelas X Akuntansi. Sampel dalam penelitian ini adalah 69 siswa, dimana pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan teknik random. Pengumpulan dilakukan dengan cara dokumentasi dan penyebaran kuesioner. Uji validitas menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 24.620 + 0,575X1 + 0,617 X2+ e. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial, hasil motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dasar siswa yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,575 dan nilai thitung atau ttabel sebesar 5,266 1,99495. Penggunaan Teknologi Informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dasar siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,617 dan thitung atau ttabel 3,518 sebesar 1,99495. Pengujian hipotesis secara simultan, hasil motivasi belajar dan penggunaan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dasar siswa yang ditunjukkan dengan Fhitung Ftabel atau 49,098 3,13. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,586 yang berarti motivasi belajar dan pemanfaatan teknologi informasi memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar akuntansi dasar sebesar 58,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam pembelajaran ini. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap prestasi belajar akuntansi dasar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Siatas Barita tahun pelajaran 2021/2022.