PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN STAMBUK 2019 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi pendidikan administrasi perkantoran stambuk 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan expose-facto dengan menggunakan total sampling sebanyak 63 mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Stambuk 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket, sebelum instrumen di sebarkan kepada sampel penelitian terlebih dahulu di uji kevalidan serta kereliabilitasannya kepada 30 responden data di analisis menggunakan uji parsial (uji-t) dan uji simultan (uji-f). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi digital dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel (16.310 > 3.15) serta signifikansi (0,000 < 0,05). Artinya semakin baik pelaksanaan literasi digital dan semakin baik kemandirian belajar mahasiswa maka akan semakin baik pula prestasi belajar yang diperoleh mahasiswa. Literasi digital dan kemandirian belajar memberikan pengaruh sebesar 35,4% terhadap prestasi belajar sementara sisanya sebesar 64,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari penelitian ini.