Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pembelajaran fisika materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner, yang layak diterapkan sebagai bahan ajar pada siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Pangaribuan, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap e-modul dan mengetahui tingkat keefektifan e-modul yang telah dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Pangaribuan yang berjumlah 36 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan penyebaran angket atau kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh validasi ahli materi mendapatkan hasil rata-rata 3,89 dengan kriteria layak, validasi ahli media mendapatkan hasil rata-rata 3, 33 dengan kriteria layak, validasi oleh guru fisika mendapatkan nilai rata-rata 3,77 dengan kriteria layak. Respon siswa pada uji kelompok kecil mendapat nilai rata-rata 81,03 dengan kriteria sangat baik dan uji coba kelompok besar mendapatkan hasil rata-rata 83,54 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan perhitungan dengan rumus N-gain diperoleh skor rata-rata 0,7 yang dikategorikan tinggi. Dengan demikian e-modul yang dikembangkan memiliki tingkat keefektifan yang sangat baik sehingga memenuhi kriteria kelayakan sebagai bahan ajar