PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian produk smartphone Samsung pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orang yang pernah memakai produk smartphone merek Samsung pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang pengukurannya dengan skala likert dan diolah secara statistik menggunakan analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis dengan uji F, uji t dan koefisien determinasi yang sebelumnya data telah diuji menggunakan uji validitas, uji reabilitas dan uji asumsi klasik. Pengolahan data menggunakan program SPSS 20.0 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial promosi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk smartphone Samsung pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa variabel promosi dan harga secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk smartphone Samsung pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Hal ini terlihat dari nilai Fhitung > Ftabel sebesar 81,946 > 3,09 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Selanjutnya, nilai koefisien determinasi (R square) dalam model regresi yaitu sebesar 0,628 yang berarti bahwa variabel promosi (X1) dan harga (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 62,8% sedangkan sisanya 37,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian.