Pengembangan Model Pembelajaran Kolaborasi Berbasis E-Learning Terintegrasi 4C (Communication, Collaborative, Critical Thinking, and Creativity) Untuk Meningkatkan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Keahlian Berkarya
Main Authors: | Mursid, R, Saragih, Abdul Hasan, Sitompul, Harun |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LPPM Universitas Negeri Medan
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/49864/1/report.pdf http://digilib.unimed.ac.id/49864/ |
Daftar Isi:
- Kehadiran E-Learning pada pendidikan dalam proses pembelajaran berbasis ICT justru menambah khazanah pengetahuan dan perkembangan aspek-aspek pedagogi. Inovasi pembelajaran berbasis E-Learning terintegrasi Revolusi Industri 4,0 yang digunakan pada prinsipnya sangat membantu dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa, membantu dalam mengeksplorasi sumber belajar dan menanamkan sikap kritis mahasiswa. Terjadinya interaksi dan hubungan antara ICT dengan E-Learning dan pedagogi secara komplek terkolaborasi menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Intinya, kehadiran E-Learning dalam pendidikan dapat menambah wawasan bagi para perancang pembelajaran untuk menuju model pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Proses transformasi terjadi tatkala mahasiswa dapat mengkombinasikan fakta-fakta dan gagasan-gagasan untuk dapat mensintesa, generalisasi, menjelaskan, hipotesa hingga menarik suatu kesimpulan serta interpretasinya yang dijadikan sebagai basis dalam pembelajaran pada suatu model pembelajaran kolaborasi berbasis E-Learning terintegrasi 4C. Penelitian bertujuan untuk; (a) Mengetahui proses pengembangkan model pembelajaran E-learning dalam pendidikan; mengetahui apakah model pembelajaran E-learning dalam pendidikan layak digunakan untuk meningkatkan capaian pembelajaran pada matakuliah keahlian berkarya; (b) Mengetahui apakah model pembelajaran berbasis E-Learning dalam pendidikan efektif dapat meningkatkan capaian pembelajaran pada matakuliah keahlian berkarya; (c) Manfaat penelitian pengembangan model pembelajaran berbasis E-Learning dalam pendidikan meningkatkan kualitas pembelajaran secara sinergis dan colaboratif mampu menghasilkan kompetensi yang maksimal dalam pembelajaran; dan (d) Meningkatkan capaian pembelajaran mahasiswa pada matakuliah keahlian berkarya, khususnya yang terlibat dalam proses pembelajaran berbasis E-Learning terintegrasi 4C. Penelitian ini direncanakan 3 (tiga) tahun. Pada Tahun pertama melakukan: (a) analisis kebutuhan, studi lapangan, studi literature, pengembangan model pembelajaran kolaborasi berbasis E-Learning terintegrasi 4C, (b) pengembangan strategi pembelajaran berbasis berbasis E-Learning, (c) merancang media pembelajaran berbasis E-Learning, metode pembelajaran; dan (d) draft model pembelajaran kolaborasi berbasis E-Learning terintegrasi 4C dilakukan uji validasi dan uji coba pada tahun kedua. Tahun kedua dengan: (a) merumuskan dan merancang desain model pembelajaran kolaborasi berbasis E-Learning terintegrasi 4C, strategi, bahan pembelajaran, membuat perangkat model pembelajaran kolaborasi berbasis E-Learning terintegrasi 4C; (b) Hasil dari keseluruhan dalam produk untuk dilakukan uji validasi ahli, yang meliputi ahli bidang studi, ahli desain pembelajaran, dan ahli desain grafis; (c) uji-coba perorangan, uji-coba kelompok kecil, dan uji-coba lapangan dan dilakukan revisi dan di analisis untuk menemukan model pembelajaran kolaborasi berbasis E-Learning terintegrasi 4C; dan Tahun ketiga dengan: (a) keterterapan dan keefektifitasan model pembelajaran kolaborasi berbasis E-Learning terintegrasi 4C dalam pendidikan yang layak digunakan dalam meningkatkan capaian pembelajaran pada matakuliah keahlian berkarya yang telah dikembangkan untuk dibuktikan tingkat keterterapan dan keunggulannya; (b) validasi model pembelajaran dengan metode eksperimen quasi (pretest-postest with control group design) dan hasil penelitian ini akan dianalisis dengan anava dan atau t-tes; dan (c) Publikasi ilmiah melalui Prosiding dan Jurnal Internasional dan Nasional terakreditasi dan Scopus