Daftar Isi:
  • Surtama S.D Simanjuntak, NIM. 7183141045. Pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA negeri 2 Balige tahun ajaran 2021/2022. Fakultas Ekonomi Prodi Pendidikan Ekonomi. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu berasal dari rendahnya prestasi belajar siswa. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan metode pengambilan angket yaitu tehnik teknikpurposive sampling. Data terlebih dahulu di uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan realibitas. Berdasarkan penelitian uji hipotesis didapatkan hasil (1) kemandirian belajar berpengaruh positif dan sig terhadap prestasi belajar siswa (2) motivasi belajar berpengaruh positif dan sig terhadap prestasi belajar siswa (3) kemandirian belajar dan motivasi belajar siswa secara bersamama-sama berpengaruh positif dan sig terhadap prestasi belajar siswa (4) sedangkan kontribusi kemandirian belajar dan motivasi belajar sebesar 55% sedangkan 45 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di kaji dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA negeri 2 Balige tahun ajaran 2021/2022. Fakultas Ekonomi Prodi Pendidikan Ekonomi.