Daftar Isi:
  • Resty Rindu Sinaga, Nim 7181141011. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Persepsi Siswa Dalam Kelengkapan Fasilitas Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Pegajahan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pegajahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Keluarga, Persepsi Siswa Dalam Kelengkapan Fasilitas Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Pegajahan. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 210 siswa dan jumlah sampel sebanyak 138 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Persamaan Regresi Y = 5,805 + 0,317X1 + 0,426X2 + 0,223X3(2) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Pegajahan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel (3,722 > 1,656). (3) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Persepsi Siswa Dalam Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Pegajahan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel (5,182 > 1,656). (4) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Pegajahan dengan nilai signifikan 0,018 < 0,05 dan thitung > ttabel (2,388 > 1,656). (5) Secara simultan Lingkungan Keluarga, Persepsi Siswa Dalam Kelengkapan Fasilitas Belajar dan Kemandirian Belajar Berpengaruh Positif dan Signifikan Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Pegajahan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung > Ftabel (59,627 > 2,67). (5) Kontribusi Lingkungan Keluarga, Persepsi Siswa Dalam Kelengkapan Fasilitas Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Pegajahan adalah sebesar 57% dan sisanya sebesar 43% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.