Daftar Isi:
  • Dwi Wulandari, NIM: 7182141015, Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Universitas Negeri Medan Program Studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2019 Tahun 2022. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya minat mahasiswa Universitas Negeri Medan Program Studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2019 untuk menjadi guru. Sehingga penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Universitas Negeri Medan Program Studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2019.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi pendidikan ekonomi stambuk 2019 dengan jumlah 103 mahasiswa yang juga dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik sampling yang digunakan adalah Total Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas angket menggunakan validitas konstruk dengan metode confirmatory factor analysis (CFA), dan reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data penelitian adalah regresi linear berganda untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji t dan uji F. Hasil analisis berganda diperoleh persamaan Y = 12,397 + 0,228X1 + 0,239X2 +e, selanjutnya koefisien determinasi (R2) 0,711 yang artinya adalah sebesar 71,1% variabel X1 dan variabel X2 dapat menjelaskan minat menjadi guru (Y) dan sisanya 28,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel X1 terhadap Y, dan Variabel X2 terhadap Y. Pada variabel X1 diperoleh nilai thitung sebesar 2,582 (2,852>1,983) dan pada variabel X2 diperoleh nilai thitung sebesar 3,505 (3,505>1,983). Sedangkan pada uji F diperoleh hasil bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Efikasi Diri (X1) dan Lingkungan Keluarga (X2) terhadap Minat Menjadi Guru (Y) pada Mahasiswa Universitas Negeri Medan Program Studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2019 dengan perolehan nilai Fhitung > Ftabel (15,084 > 3,09) dengan nilai signifikansi (0,000 > 0,05).