Daftar Isi:
  • Jusup Armatia Simamora, NIM:7182141017, Pengaruh Persepsi Profesi Guru Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2019 Universitas Negeri Medan, Skripsi, Jurusan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2022. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi profesi guru dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan, Sumatera Utara. Jenis Penelitian ini adalah expostfacto.Dengan total populasi dalam penelitian ini adalah 104 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Total sampling dimana jumlah sampel yang digunakan sama dengan total populasi, sehingga total sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 104 orang. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket. Angket yang digunakan terlebih dahulu di uji Validitas dan reliabilitas sebelum di sebar ke responden. Setelah data terkumpul dilakukan uji asumsi klasik dan diolah menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu Software SPSS versi 24. Dari hasil analisis data, diketahui semua uji asumsi klasik terpenuhi sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan. Dari hasil analisi regresi linear berganda diperoleh nilai Y= 3,662 + 0,344 X1 + 0,525 X2. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien variabel persepsi profesi guru (b1) bernilai positif yang dapat dimaknai apabila persepsi profesi guru (X1) mengalami kenaikan maka minat menjadi guru (Y) akan mengalami kenaikan. Variabel efikasi diri (b2) bernilai positif dapat dimaknai bahwa apabila efikasi diri (X2) mengalami kenaikan maka minat menjadi guru (Y) akan mengalami peningkatan. Dalam pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi profesi guru dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru dengan nilai thitung sebesar 5,093>1.983 t tabel dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Variabel efikasi diri memiliki nilai t hitung 8,369>1.983 t tabel dengan nilai signifikansi 0,00 <0,05. Selanjutnya persepsi profesi guru dan efikasi diri secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru dengan nilai , F hitung 68,931 > 3,09 F tabel dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Total besar pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 57,7% sedangkan sisanya 42,3% dijelaskan oleh variabel yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.