PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA DI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana di SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini yaitu ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI-OTKP di SMK Negeri 1 Medan T.A 2021/2022 yang berjumlah 137 orang dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling yang diambil dari 50% siswa dari setiap kelas sehingga diperoleh sampel sebanyak 68 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi. Validitas instrumen dihitung dengan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis (uji t, uji F, R2). Pengolahan data menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji parsial (uji t) terdapat pengaruh positif dan signifikan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Siswa dengan nilai thitung 4,138 > ttabel 1,997 dengan signifikansi (0,000<0,05). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dengan nilai thitung 2,567 > ttabel 1,997 dengan signifikansi (0,012<0,05). Secara simultan (uji F) terdapat pengaruh positif dan signifikan Model Pembelajaran STAD dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dengan nilai Fhitung 70,334 > Ftabel 3,136 dengan signifikansi (0,000<0,05). Dengan nilai koefisien determinasi (R2) yaitu 0,684 yang artinya variabel Model Pembelajaran STAD dan Minat Belajar berpengaruh 68,4% terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI-OTKP pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana di SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2021/2022 dan sisanya sebesar 31,6% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.