Daftar Isi:
  • BALQIST LORENZA NIM : 718114100 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)Dan Minat Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X Sma Negeri 1 Tebing Syahbandar T.P 2021/2022 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL (Problem BasedLearning)terhadap hasil belajar Ekonomisiswa yang mempunyai minat belajar tinggi, rendah serta untuk mengetahui ada tidaknnya interaksi antara model pembelajaran dan minat terhadap hasil belajar Ek onomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 1Tebing Syahbandar Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar menggunakan soal tes pilihan ganda, sedangkan instrumen penelitian untuk mengetahui m inat belajar menggunakan angket. Analisis data pengujianhipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis varians dua jalan. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan analisis var iasi dua jalan, dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai signifikansi pada hipotesis pertama sebesar(0.030), dimana 0.030< 0,05.Dalam hal menunjukkan bahwa model PBL memberikan hasil belajar yang baik dan juga perolehan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 79.44 sedangkan kelas kontrol 71.36 Kemudian diperoleh nilai signifikansi pada hipotesis kedua sebesar (0.000), dimana 0.000< 0,05; sehingga dapat disimpulkan bahwa minat belajar tinggi dan minat belajar rendah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. serta diperoleh nilai signifikansi pada hipotesis ketiga sebesar (0.233), dimana 0.233> 0,05; hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar Ekonomi terhadap hasil belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa, modelProblemBased Learning(PBL) berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar dan minat belajar tinggi maupun rendah serta tidak adainteraksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar