PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN SOFT SKILL MAHASISWA TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN ANGKATAN 2018
Daftar Isi:
- Muhammad Adji Mu’arif, NIM.7183144023, Pengaruh Kreativitas Belajar Dan Soft Skill Mahasiswa Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Angkatan 2018. Skripsi, Jurusan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2022.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kreativitas belajar dan soft skill mahasiswa terhadap kesiapan kerja mahasiswa program studi pendidikan administrasi perkantoran fakultas ekonomi universitas negeri medan angkatan 2018. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa program studi pendidikan administrasi perkantoran angkatan 2018 yang berjumlah 59 orang dari 2 kelas dimana seluruh populasi merupakan sampel. Instrument yang digunakan adalah angket sehingga diperoleh data yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Multikolinieritas, Uji T, Uji F, dan Uji R2, dengan pengolahan data menggunakan SPSS Versi 24.Hasil perhitungan nilai menunjukkan bahwa hasil Uji Parsial (Uji-t) Kreativitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesiapan Kerja dengan nilai thitung > ttabel (2,627 > 2,002) dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Soft Skill Mahasiswa terhadap Kesiapan Kerja dengan nilai thitung > ttabel (6,576 > 2,002) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Secara simultan (Uji F) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kreativitas Belajar dan Soft Skill Mahasiswa terhadap Kesiapan Kerja dengan nilai Fhitung > Ftabel (107,214 > 3,159) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,793 dapat disimpulkan bahwa variabel kreativitas belajar dan soft skill mahasiswa mempengaruhi kesiapan kerja sebesar 79,3% dan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian lain.