PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA SWASTA KATOLIK SIBOLGA TAHUN AJARAN 2021/2022
Daftar Isi:
- Januarti Ira Melenia Napitupulu. Nim: 7183141028. Pengaruh Self Regulated Learning dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Swasta Katolik Sibolga Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self Regulated Learning dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Swasta Katolik Sibolga Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Penulis menggunakan 156 populasi sebagai bagian keseluruhan dari siswa kelas XI SMA Swasta Katolik Sibolga. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 113 siswa yang diambil berdasarkan teknik simple random sampling. Pengujian validitas instrumen penelitian yang digunakan melalui perumusan product moment sedangkan pengujian reliabilitas dilaksankan pada teknik cronbach alpha. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Dengan teknik pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan serta menggunakan alat pengukuran koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian yang dapat diketahui dari perolehan data statisti membuktikan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel self regulated learning dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar. Adapun perolehan persamaan yang dapat dilakukan yaitu Y = 17.888 + 0.532 X1 + 0.356 X2. Hasil pengujian hipotesis dapat diketahui secara parsial dan simultan. Pertama, secara parsial pada variabel self regulated learning (X1) diperoleh thitung sebesar 6.725 dengan demikian thitung > ttabel (6.725 > 1.658) dengan taraf signifikan 0.000 < 0.05. Kedua, pada variabel fasilitas belajar belajar (X2) diperolah hasil perhitungan thitung sebesar 4.010 maka thitung > ttabel (4.010 > 1.658) dengan taraf signifikan 0.000 < 0.05. Kemudian pada pengujian hipotesis secara simultan juga didapatkan data sebesar Fhitung > Ftabel yaitu 54.569 > 3.08 dan nilai signifikan 0.000 < 0.05. Oleh karena itu didapatkan pula perolehan data pada uji koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.614. Artinya, self regulated learning dan fasilitas belajar secara bersamaan memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar sebesar 61.4% dan sisanya 38.6% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.