PENGARUH MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMAN 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022
Daftar Isi:
- Dita Hayati, NIM : 7173341015, Pengaruh Minat Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 11Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan Tahun 2022. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar ekonomi kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 11 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah 108 orang atau seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 11 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah 108 orang siswa dengan metode sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan obsevasi, angket, dan dokumentasi. Uji validitas angket dengan menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data penelitian adalah regresi linear berganda untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 9,580 + 0,548 + 0,414 . Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji t) diperoleh hasil minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai thitung> ttabel (4,999 > 1,659) dengan nilai sig α < 0,05 atau 0,003<0,05. Disiplin belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai thitung> ttabel (1,780> 1,659) dengan nilai sig α< 0,05 atau 0,001<0,05. Selanjutnya untuk uji hipotesis secara simultan (uji F) dilakukan dengan membandingkan hasil Fhitung> Ftabel yaitu (61,673> 3,08). Sehingga diperoleh hasil bahwa secara simultan variabel X1 dan X2 berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Selanjutnya koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 0,540yang berarti sebesar 54% variabel X1 dan X2 memberikan sumbangan pengaruh terhadap hasil belajar dan46% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan minat belajar dan disiplin belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA N 11Medan Tahun Ajaran2021/2022.